Beriman Kepada Allah SWT

Seorang muslim beriman kepada Allah SWT dalam arti,dia meyakini wujud (adanya)Allah yang mahasuci,dan bahwa sesungguhnya Dia adalah pencipta langit dan bumi,Maha mengetahui yang ghaib dan yang nyata,Rabb(pencipta,penguasa,pengatur)segala sesuatu dan pemiliknya.Tiada tuhan (sembahan)yang berhak disembah kecuali Dia,dan Tiada Rabb selain Dia. Dan (meyakini) bahwasannya Dia bersifat Dengan segala sifat Kesempurnaan,dan suci dari kekurangan.Yang demikian itu adalah karena petunjuk Allah SWT kepadanya (Seorang Muslim),Kemudian Karena dalil-dalil naqli’ dan ‘aqli Berikut ini:

Dalil-dalil Naqli

  1. Allah sendiri Memberitakan tentang wujudNya, tentang rububiyahNya atas makhluknya dan tentang asma’Nya (nama-namaNya) dan sifat-sifatNya. Berita tersebut ada dalam kitab suci al-Qur’an. Di antaranya adalah FirmanNya,

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلا لَهُ الْخَلْقُ وَالأمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. (Al-A’raf:54)

يَا مُوسَى إِنِّي أَنَا اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Ya Musa, sesungguhnya aku adalah Allah, Tuhan semesta alam, (Al-Qashash:30)

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلاةَ لِذِكْرِي

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku. (Thaha: 14)

Dalil-dalil ‘Aqli

  1. Adanya Semesta dan Mahluk yang beraneka ragam memberikan kesaksian akan wujud sang Pencipta, yaitu Allah SWT.Karena tidak ada seorang pun di alam raya ini yang menklaim telah meciptakan alam raya ini beserta isi isinya.
  2. Adanya FirmanNya pada kita yang selalu kita baca dan kita hayati serta kita pahami maknanya merupakan bukti atas wujud Allah,karena sangat mustahil ada pembicaraan (kalam) tanpa adanya pembicara (mu takallin) atau adanya ucapan tanpa adanya yang mengucapkan
  3. Adanya sistem yang sangat teratur rapi seperti ini,yang tercermin dari sunnah kauniyah (sunnatullah) dalam penciptaan,pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan bagi seluruh makhluk yang ada di alam semesta ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *